Minggu, 12 Februari 2012

Jadi Cewek Pintar itu Gampang !

Sim salabim.... Ini trikny biar kita lebih fokus belajar :




1. Pasang lagu- lagu kesukaan
Usahakan jangan pasang lagu yang kita hafal liriknya. Nanti, bukannya belajar, kita malah ikutan nyanyi lagi...Musik klasik adalah jenis musik yang paling pasa untuk didengar saat belajar karena dapat meningkatkan konsentrasi.

Me : Musik klasik huhu. Kalo aku malah jadi ngantuk deh kayanya hehe. Tapi patut dicoba !


2. Sediakan snack
Minum air putih dapat membantu memperlancar kerja otak biar lebih fokus. Sediakan juga makanan ringan untuk mencegah kantuk. Asaaaal, jangan mlah asyik ngemil dan mengabaikan pelajaran. Lebih baik sebelum belajar, isi perut terlebih dahulu biar tubuh bisa bekerja secara maksimal.

Me : Setujuuu banget ! Tapi kadang aku juga nih, ngemil jadi malah ga fokus belajar. Dan ujung2nya cape ngunyah dan ngantuk. Dan tidur di meja belajar hihi.. Harus dihilangin nih 



3. Buat jadwal
Sebelum jadwal ulangan sampai di depan mata, buat dulu nih jadwal untuk diri sendiri. Misal, targetkan dalam satu hari kita mau belajar untuk berapa materi pelajaran. Yang terpenting, kita harus disiplin sama diri sendiri. Nah, kalau kita udah bisa mematuhi jadwal dan hasil ulangan enggak perlu di remedial, kita boleh nih mentraktir diri sendiri makanan favorit.

Me : Setuju. Ini cocok banget buat anak yang disiplin. Ayoo kita tingkatkan disiplin biar belajarnya pun efektif !


4. Pilih waktu tepat untuk belajar
Kenali diri kita. Kalau kita bukan tipe orang yang bisa bangun pagi, jangan memilih untuk belajar saat pagi buta. Kita bisa pilih belajar sekitar jam 16.00 atau kalau kita senang banget begadang. Kita bisa belajar malam hari. Yang penting, jangan sampai pas waktu ulangan tiba, kita justru malah mengantuk yaaa. Wah kacau banget nanti.



5. Take time to rest
Coba perhatikan deh, kalau kita terus memaksakan otak. Ujung-ujungnya otak akan menolak semua materi yang kita jejalkan.So, kalau kita udah belajar hampir 2 jam, coba deh untuk istirahat selam 5-10 menit. Otak bakal lebih segar, sehingga siap menerima materi baru lagi.

Source : Unbeatable Fun Girl magz
PS : Hmm teori emang rasanya gampang. Prakteknyaa yang setengah mati sulit. Tapi gada yang sulit kalo kita mau coba. Satu hal jika hal2 diatas bisa kecapai yaitu NIAT belajar. Kalo ada Niat pasti semuanya bisa kelaksana. Ayoo teman teman, Disiplinkan diri untuk melatih efisien waktu. Lumayan kan rajin belajar, UH ga pernah Remidi, UTS US selalu masuk 10 besar. Yaa, kalo belajarnya bener hehe.
Have a nice day !



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar